Ketua MPR: Utamakan Zakat Untuk Masyarakat di Daerah Bencana

Ketua MPR Hidayat Nurwahid mengingatkan Badan atau Lembaga Amil Zakat Nasional serta individu yang akan memberikan zakat, agar mengutamakan penyaluran zakatnya kepada masyarakat didaerah bencana.

"Saya kira itu baik sekali, tetapi permasalahan krisis bukan hanya terjadi pada warga Sidoarjo yang terkena semburan lumpur panas PT Lapindo, tapi masih ada wilayah lain yang terkena musibah juga," katanya kepada pers, di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu(27/9).

Menurutnya, bulan Ramadhan ini merupakan momentum yang tepat bagi umat Islam untuk memperbanyak infaq, shodaqoh, dan zakat.

Lebih Lanjut Hidayat menegaskan, bukan hanya warga Sidoarjo saja yang saat ini mengalami kesulitan, pascabencana alam di beberapa daerah banyak warga yang masih tinggal di tempat pengungsian.

Mengenai himbauan khusus kepada anggota DPR agar menyalurkan zakat untuk warga didaerah bencana, Hidayat menyatakan bahwa anggota dewan pasti akan berzakat, namun kemungkinan besar di tempat konstituennya berada.

"Untuk anggota dewan yang berasal dari daerah tempat terjadi musibah seperti Yogyakarta, Aceh, Pangandaran, Sidoarjo, diharapkan memaksimalkan zakat didaerah pemilihannya," imbuhnya.(novel)