Khofifah: Tidak Semua Warga NU Dukung Jokowi

Eramuslim.com – Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa mengklaim masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) akan mendukung penuh pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 mendatang.

Khofifah yang merupakan tokoh Muslimat NU, mengungkapkan hingga saat ini NU masih berkoordinasi untuk pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Kita akan terus berkoordinasi, jadi kecenderungannya mereka akan berseiring dengan ritme dari Ketua Umumnya (Said Aqil Siroj),” kata Khofifah di kantor PBNU, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (22/9).

Khofifah mengaku sangat sulit jika menargetkan 100 persen atau seluruh warga NU mendukung Jokowi-Ma’ruf. Namun, ia menegaskan warga NU akan mengikuti arahan dari Said Aqil.

“Tentu kita tidak bisa generalisasi bahwa ini 100 persen, kita tidak bisa memastikan seperti itu. Tapi kecenderungan mereka akan seiring dengan Ketua Umum,” ucap Khofifah.

Sementara untuk dukungan masyarakat NU di Jawa Timur, Khofifah mengatakan semua akan bersinergi untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan jaringan yang ada di sana.

Kita semua akan bersinergi untuk memenangkan Pak Jokowi Kiai Ma’ruf – Khofifah Indar Parawansa

Khofifah memang telah menolak masuk ke dalam bagian tim sukses Jokowi-Ma’ruf. Namun meski tidak berada di dalam struktur pemenangan resmi, Khofifah tetap akan membantu pemenangan Jokowi-Ma’ruf.

“Insyallah masing-masing akan punya sapaan, dari basis sapaan menurut saya akan menguatkan dari jaringan yang mereka miliki. Maka sebaiknya memang fokus penguatan jaringan Kiai Santri Nasional,” pungkasnya. [kmp]