Kini Tolak Vaksin, di Awal Pandemi Ribka Sebut ‘Korona’ Singkatan: Komunitas Rondo Mempesona

Eramuslim.com – Nama anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Ribka Tjiptaning menjadi pembahasan di antara sesama anggota Dewan. Bagaimana tidak, sehari sebelum vaksinasi virus Corona (COVID-19) dilakukan serentak, Ribka Tjiptaning justru secara terbuka menolak divaksinasi.

Terlebih, Ribka merupakan anggota DPR yang berasal dari Fraksi PDIP. Partai berlambang banteng moncong putih itu merupakan partai pendukung pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sikap Ribka yang menyatakan menolak vaksin Corona menuai kontroversi. Salah satu partai pendukung pemerintah Jokowi, NasDem, menjadi salah satu pihak yang mengkritik sikap Ribka.

Sebetulnya bukan kali ini saja aksi Ribka mendapat perhatian. Sekitar awal Februari 2020, sebulan sebelum kasus Corona pertama di RI ditemukan, aksi Ribka juga menarik perhatian publik.

Topiknya pun sama, yakni soal Corona. Namun, ketika itu aksi Ribka tidak sampai menuai kritik. Sebab, anggota DPR Dapil Jawa Barat IV itu hanya berkelakar soal kepanjangan ‘Korona’.

Berikut dua aksi Ribka Tjiptaning terkait pandemi yang mencuri perhatian:

– Korona ‘Komunitas Rondo Mempesona’

Dalam rapat kerja (raker) Komisi IX DPR bersama dengan Menteri Kesehatan (ketika itu masih dijabat Terawan Agus Putranto), Ribka berbicara singkatan ‘korona’. Ribka menyebut kepanjangan dari korona, yakni komunitas rondo mempesona.