Kisah Fahri Hamzah dengan KPK: Dulu Sinis Kini Bermulut Manis

Eramuslim.com –  Sosok Fahri Hamzah dikenal dengan kritiknya terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kini, setelah bertahun-tahun sinis soal berbagai tindakan yang dilakukan KPK hingga mengusulkan untuk dibubarkan, Fahri Hamzah bak berubah 180 derajat melalui cuitan Twitter terbarunya.

Kisah Fahri Hamzah dengan KPK: Dulu Sinis Kini Bermulut Manis

detikcom merangkumkan sejumlah tindak-tanduk Fahri Hamzah soal KPK, mulai keras mengkritik hingga kini bermulut manis puji KPK:

Fahri Hamzah sempat mengusulkan agar KPK dibubarkan. Menurutnya, KPK membuat gaduh dan keributan di negara ini.

Saat itu, Fahri Hamzah mengusulkan agar kewenangan pemberantasan korupsi di Indonesia diserahkan kepada kepolisian dan kejaksaan saja.

“Presiden tuh ya, omongnya ke mana-mana. Jangan ribut, jangan ribut, coba bikin statistik, yang bikin ribut di Indonesia cuma satu, cuma KPK. Yang lain kan nggak ada yang bikin ribut, diam-diam saja kan. Ini semua kan karena KPK,” ujar Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, 2017.

Seringnya Fahri Hamzah melemparkan kritik ke PK pun dipertanyakan oleh Presiden Jokowi. KPK disebut sebagai negara dalam negara.

“Saya sudah bilang ke Pak Jokowi bulan puasa. ‘Pak Fahri, kenapa kritik KPK terus?’. Saya bilang, ‘Pak, ada negara dalam negara, hati-hati Bapak’,” ungkap Fahri.

Fahri juga menuding orang-orang yang berada di KPK kerap besar kepala lantaran menganggap posisi moralnya lebih tinggi daripada yang lain. Fahri melabeli pihak yang berada di KPK dengan sebutan ‘belagu’.

“Jadi KPK itu, saking moralnya tinggi, kayak lembaga kultus (suci). Akhirnya orang-orang ini belagu, petantang-petenteng sambil kelakuannya itu, padahal setan juga banyak itu,” ucapnya.