Kopassus Curhat Soal Latihan Hingga Lewat Waktu Zuhur, Bagaimana Ini?

Eramuslim.com – Ulama Nahdlatul Ulama KH Ahmad Baha’uddin Nursalim atau Gus Baha bercerita tentang seorang personel Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang berkonsultasi kepada almarhum KH Maemun Zubair alias Mbah Moen. Sang prajurit itu merasa kesulitan beribadah ketika sedang latihan yang bisa menghabiskan waktu lama. Gus Baha pun mengisahkan cerita itu saat Ngaji Bareng Gus Baha bertema Meneguhkan Islam Rahmatan Lil’alamin di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur (Jatim), Selasa (14/7), yang juga disiarkan langsung lewat channel Youtube UMM.

“Mbah Moen saya ini Kopassus, kadang saya latihan itu sampai waktu Zuhur habis, saya harus bagaimana? Jawabannya Mbah Moen unik, seng penting ojo ngosor shalat. Engko ojo niat Jamak. Atok Qodok (Yang penting jangan meng-Qhasar. Nanti jangan niat men-Jamak shalat. Mending shalat Qadha),” kata Gus Baha yang duduk didampingi Rektor UMM Fauzan dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang Abdul Haris. 

Menurut Gus Baha, cerita itu masih terkait dengan ijtihad yang dilakukan sabahat Nabi Muhammad SAW. Terkait dengan personel Kopassus itu, menurut dia, orangnya memang alim sehingga takut kelewat shalat, meski harus tetap profesional menjadi prajurit TNI. Sehingga sang prajurit baret merah tersebut berkonsultasi lagi kepada Gus Baha.