Koplak! Harga Telur Tinggi Disebut Karena Banyak Warga Hajatan

Eramuslim.com -Harga telur ayam di sejumlah pasar di Kota Tegal, Jateng, Rp 28 ribu per kilogram (per kg) atau naik Rp 2 ribu per kg dari pekan sebelumnya yakni Rp 26 ribu per kg.

Angka tersebut berdasarkan survei Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkop UKM dan Perdagangan) Kota Tegal di Pasar Pagi, Pasar Kejambon, dan Pasar Langon.

“Jumat lalu Rp 26 ribu per kg. Ini dari kemarin Rp 28 ribu per kg,” kata Kepala Bidang Perdagangan Wineksi Dwi Prabandari saat ditemui di Kantor Dinkop UKM dan Perdagangan, Jalan Hang Tuah, Kamis (12/7).

Wineksi mengatakan, kenaikan harga telur ayam juga terjadi di beberapa daerah lainnya . Misalnya di Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Cilacap.

Menurut Wineksi, kenaikan ini disebabkan permintaan yang meningkat di bulan Syawal. Telur ayam banyak dibutuhkan masyarakat untuk acara seperti hajatan dan lainnya.

Wineksi bercerita, bulan sebelumnya, harga telur ayam cukup stabil di kisaran Rp 21 ribu per kg. “Tiba-tiba ini saja. Di provinsi juga sudah ramai soal kenaikan harga telur ayam,” ujar Wineksi.

Wineksi mengemukakan, kenaikan harga telur dimulai dari tingkat distributor. Dari informasi yang dia terima, supermarket pun mulai melakukan pembatasan pembelian telur ayam untuk konsumen, karena persediaannya menipis.