Kristen Tolikara Ini Ungkap Jika Aksi Penyerangan Teroris GIDI Terhadap Muslim Tolikara Memang Sudah Direncanakan Matang

GIDI terorisEramuslim.com – Keluarga pelaku penyerangan terhadap Muslim Tolikara yang ditembak aparat kepolisian, mendatangi Komnas HAM, Rabu (16/9). Salah satu keluarga yang ditembak polisi, Jimmy Wanimbo mengungkapkan bahwa ada rapat tersembunyi sebelum insiden Tolikara berlangsung.

Jimmy mengungkapkan fakta adanya rapat khusus yang dilakukan sejumlah oknum panitia pelaksana seminar dan KKR Pemuda Internasiobal GIDI sebelum penyerangan dilakukan. Menurutnya, adiknya Endi Wanimbo yang ditembak dalam kejadian itu, sama sekali tidak mengikuti rapat itu.

“Oknum dari panitia menyusun serangan, tapi adik saya tidak ikut rapat tapi hanya ingin ikut seminarnya saja,” ujarnya seperti dilansir RepublikaOnLine.

Meski begitu, Jimmy menjelaskan, adiknya pernah diajak mengikuti rapat. Rapat tersebut, kata dia, bertujuan untuk melakukan aksi penyerangan terhadap Muslim Tolikara tepat pada hari raya Idul Fitri pada 17 Juli 2015.

Menurutnya, jumlah oknum panitia GIDI yang mengikuti rapat berjumlah kurang dari seratus orang. Rapat itu diselenggarakan di rumah Bupati Tolikara, Usman Wanembo yang sekaligus ketua GIDI pada 16 Juli.

“Isi rapat itu rencanakan serangan pada Idul Fitri yang mimpin rapat itu Arianto Kagoya,” katanya.

Sayangnya, karena tidak mengikuti rapat, Jimmy tidak mengetahui detail rapat. Sehingga ia tidak bisa membeberkan lebih jauh perihal aktor di balik rapat gelap tersebut.

Adik Jimmy, Endi Wanimbo turut menjadi korban dari Insiden Tolikara. Ketika insiden berlangsung, Endi menjadi korban penembakan oleh aparat sipil pada hari Idul Fitri tanggal 17 Juli. Kini, Jimmy meminta keadilan atas tertembaknya adiknya dengan meminta pelaku penembakan dihukum lewat hukum nasional bukan hukum adat.

“Kami sebagai keluarga korban penembakan, tidak pernah terlibat dalam insiden itu,” katanya.

Untuk diketahui, ratusan teroris jemaat GIDI menyerang umat Islam yang tengah menjalankan shalat Idul Fitri. Teroris GIDI kemudian membakar Masjid Tolikara yang merembet ke pertokoan di sana. Sampai sekarang rezim Jokowi-JK baru menangkap dua orang pelaku. Seharusnya berbekal pengakuan ini, ratusan teroris GIDI harus ditangap, berikut para pendetanya, dan juga Bupati Tolikara dimana rumahnya dijadikan lokasi perencanaan tindak terorisme terhadap Muslim Tolikara. Kita tunggu saja apa yang akan dilakukan Jokowi-JK beserta aparatnya. (rd)