Kubu Jokowi Berseteru: PSI vs PDIP, Golkar vs Nasdem, dan PPP vs PKB

Eramuslim.com – Konflik antar parpol pendukung Calon Presiden (Capres) petahana Joko Widodo (Jokowi) masih berlanjut. Setelah PSI vs PDIP dan Partai Golkar vs Nasdem berseteru, kini giliran PPP dan PKB berseteru kasus jual beli jabatan yang dilakukan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy. Konflik parpol pengusung Jokowi ini dinilai akan mempengaruhi elektabilitas paslon Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Pernyataan Ketua Umum PSI tersebut menjadi batu sandungan buat partai-partai lain di koalisi Jokowi-Maruf. Ujung-ujungnya mengganggu Jokowi dalam menghadapi Pilpres 2019,” kata pengamat politik senior Siti Zuhro di Jakarta.

Hal senada disampaikan pengamat politik dari Institute for Strategic and Development Studies (ISDS) M Aminudin, menurutnya, pertikaian internal kubu Jokowi sebenarnya sudah bisa ditebak karena adanya perbedaan ideologi dan kepentingan pragmatis dalam perebutan sumber-sumber kekuasaan dan ekonomi. Cepat atau lambat pertikaian tersebut menjadi bom waktu yang meledak ke permukaan.

Nasdem, PKB, Golkar

Selain itu, kata Aminudin, ada kecaman dari Nasdem kepada PKB yang diwakili Effendy Choiri yang menuduh Muhaimin Iskandar serakah karena meminta jatah 10 menteri pada Jokowi jika menang Pilpres 2019. “Ini belum lagi tuduhan Akbar Tanjung selaku senior Golkar yang menuduh Nasdem melakukan kejahatan pada Golkar,” ujarnya.