KWI Akui Ada Kasus Pelecehan Seksual di Gereja Katolik

Eramuslim.com – Sekretaris Komisi Kerasulan Awam Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Paulus Christian Siswantoko mengakui ada pelecehan seksual yang dilakukan oleh para rohaniawan Gereja Katolik di Indonesia.

Siswantoko mengakui bila kasus tersebut menjadi persoalan tersendiri di internal Gereja Katolik di Indonesia. Ia pun tak menampik bila ada segelintir kalangan rohaniawan yang belum memiliki kematangan pribadi meskipun sudah melewati berbagai tahapan dan tingkatan pendidikan agama Katolik.

“Kadangkala setelah melewati pendidikan sekian lama di seminari, seminari tinggi, mendapat pelajaran filsafat teologi, tapi tidak semua mempunyai kematangan pribadi, baik ketika setelah ditahbiskan maupun sebelumnya. Dan ini memang bagi kami menjadi suatu koreksi juga,” kata Siswantoko saat ditemui di Jakarta, Rabu (11/12).

Kendati demikian, Siswantoko belum memiliki data pasti tentang jumlah korban pelecehan seksual yang dilakukan para rohaniawan gereja Katolik di seluruh Indonesia.

Ia hanya mengatakan, data yang dimilikinya hanya berasal dari para informan yang mengaku pernah menjadi korban pelecehan maupun kekerasan seksual.