Kyai Asal Sukabumi Tutup Usia Saat Shalat Duha di Masjid Kuba

Eramuslim – Innalillahi wa inna ilaihiradjiun, kabar duka datang dari Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Tarbiyyatul Falah Sukabumi. KH Ece Syaripudin Didi yang kini telah menghembuskan nafas terakhir saat hendak menjalankan ibadah umroh di Masjid Kuba, Madinah, Minggu (31/12/2017) pukul 09.00 waktu setempat.

Jenazah almarhum langsung dikebumikan di Make Madinah. Kabar meninggalnya almarhum diterima pihak keluarga sekitar pukul 13.00 WIB seperti yang dikutip dari Pojok Satu.

Pimpinan jemaah umroh itu meninggal saat salat duha, bersama jamaah umroh lainnya. Pihak keluarga meyakini, selain sudah menjadi takdir, juga karena sakit jantung yang dialami almarhum.

Jenazah almarhum KH. Ece Syaripudin Didi saat dievakuasi di Rumah Sakit Ad-Zaira, Madinah

Menantu almarhum, Zamaludin (46) di kediamannya, Jalan Selabintana, Desa Warnasari, Kecamatan Sukabumi menceritakan kisah sebelum sang kiyai meninggal dunia, yang juga diketahui dari rombongan umrah. Menurutnya, saat almarhum rukuk, badannya langsung tersungkur ke lantai. Seketika, suasana berubah menjadi panik. KH Ece Syaripudin Didi pun langsung dilarikan ke Rumah Sakit Ad-Zaira, Madinah untuk mendapatkan penanganan medis.

“Namun sampai di sana sudah tiada. Dugaan sementara, beliau meninggal akibat serangan jantung,” terangnya.

Selama ini, lanjut Zamal, almarhum sering melaksanakan ibadah umroh bersama rombongan jamaah lainnya. Ya, beliau merupakan pimpinan kelompok saat ibadah umroh. Namun kali ini, sebelum ia menjalankan ibadah umroh, di Madinah rencananya almarhum akan melakukan ibadah bersama rombongannya selama empat hari. Namun sayang, baru dihari kedua beliau telah tutup usia.