Langit Jakarta Bersih Ditinggal Pemudik

Eramuslim.com – Idul Fitri atau lebaran memang menjadi momen yang istimewa bagi umat muslim di Indonesia, tak terkecuali bagi warga Jakarta. Sebagian besar warga ibu kota merayakan lebaran dengan mudik ke kampung halaman masing-masing.

Momen lebaran juga menjadi momen istimewa bagi warga Jakarta yang tak mudik. Pasalnya, mereka bisa menikmati ruas jalanan ibu kota tanpa kemacetan.

Pada hari lebaran, sebagian besar kondisi jalanan ibu kota tampak jauh lebih sepi ketimbang hari kerja yang biasanya dipadati kendaraan di sejumlah ruas jalan utama. Hanya terlihat beberapa kendaraan roda empat dan roda dua yang melintas.

Ternyata, tak hanya kondisi jalan sebelum dan sesudah lebaran yang berbeda. Kondisi langit di atas kota Jakarta pun mengalami perbedaan.

Seorang pengguna Facebook, Amadeus Pribowo mengunggah foto yang menunjukkan perbedaan langit Jakarta sebelum, selama, dan setelah Lebaran.

Sontak, warganet pun ikut memberikan komentar pada foto yang diambil sekitar jam 8 pagi setiap harinya itu.

 

“Coba tiap hari berasa kaya gini. Enak banget,” kata pengguna Facebook dengan nama Adriansyah Latief, seperti dikutip brilio.net, Rabu (28/6).

“Ampe keliatan gunung gitu, baru tau di Jakarta bisa liat gunung,” tulis Farhan Ramadhan Irawan.

“Jakarta tidak butuh Ahok atau Jokowi untuk mengatasi polusi dan macet, Jakarta hanya butuh Lebaran,” tegas pengguna Facebook lainnya, Putra Yudha Perdana.

“Gua sebagai orang Jakarta asli bisa dibilang ini bener , pada saat h – 3 sampai 0 . Cuaca masih butek. Terlihat jelas kok. Jalan dari arah Tebet ke sana tuh dah bisa dilihat. Atau dari arah Cawang atas ke Pancoran . Sedangkan tadi saya melintas dari arah Tebet kesana tuh cerah bangat. Memang berkurang nya kendaraan mempengaruhi keadaan langit dan polusi. Alhamdulillah merasakan Jakarta lenggang sejenak. Tapi tidak menyalahkan orang yang mudik juga, saya terima kasih juga karena telah menghidupkan kota Jakarta . Saya hanya mengingatkan Jakarta apabila kau mencari rezeki di Jakarta .jaga juga ya,,,kotanya . Ga masalah mo cari duit dijakarta abisin di luar Jakarta GPL gua mah.. yang menting. Jakarta cerah no poluti impian semua orang .,” urai Fiqriansyah Hasbi.

Hingga kini, foto tersebut banyak mendapatkan respons positif dari warganet dan hingga kini sudah dibagikan lebih dari 4.000 pengguna Facebook. (kl/sw)