Laporkan Semen Tiongkok ke KPPU, Andre Gerindra: Pak Jokowi, Bangun dari Tidur!

Eramuslim.com – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade bersama Federasi Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia (FSP-ISI) mendatangi kantor Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Jakarta Pusat, Senin (9/9).

Kedatangan anggota DPR terpilih dari daerah pemilihan Sumatera Barat I itu di KPPU untuk menyerahkan bukti dugaan persaingan usaha tidak sehat oleh perusahaan semen dari Tiongkok.

Andre menyerahkan bukti penjualan semen Conch asal Tongkok di pasar ritel yang harganya jauh di bawah biaya pokok produksi. Menurutnya, ada praktik jual rugi atau predatory pricing oleh perusahaan Tiongkok sehingga melanggar Pasal 20 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

“Industri semen sangat kompetitif, harga bahan baku antar pabrik relatif sama. Aneh jika harga jual semen Tiongkok ini lebih rendah dari biaya pokok produksi. Untuk itu kami sangat yakin bahwa dapat diduga terjadi praktik jual rugi,” ujar Andre di kantor KPPU.