Larang Pekerja dan Turis China Masuk Indonesia, Stop Juga Impor Makanannya

Eramuslim.com – Berbagai kalangan mendesak pemerintahan Joko Widodo untuk melarang turis dan tenaga kerja asal (TKA) China masuk Indonesia. Selain itu, impor produk makanan dan seluruh penerbangan dari negeri Tirai Bambu itu juga harus di stop. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di negeri ini.

Demikian disampaikan Komisioner Ombudsman RI La Ode Ida, Koordinator Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima) Sya’roni, dan Koordinator Gerakan Perubahan (Garpu), Muslim Arbi di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Larangan TKA China masuk dan bekerja di perusahaan-perusahaan di wilayah Sulteng untuk sementara waktu dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulteng, Arnold Firdaus menyatakan langkah itu diambil untuk mencegah potensi penyebaran wabah Virus Corona dari TKA China yang datang ke Sulteng.

“Sifatnya wajib dipatuhi oleh perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan TKA China hingga batas waktu yang belum ditentukan,” katanya saat ditemui Antara di Kantor Disnakertrans Sulteng di Palu, Senin.

Ia tidak ingin mengambil risiko dengan tetap mengizinkan TKA China masuk dan bekerja di Sulteng sementara negeri berjuluk Tirai Bambu itu tengah dilanda wabah virus yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan Provinsi Hubei, China yang kini telah menyebar ke sejumlah negara.