Lawan Berita Hoax, Pemuda Muhammadiyah Luncurkan Aplikasi AppsMu

Eramuslim – Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia diguncang dengan penyebaran berita palsu atau dikenal juga dengan Hoax. Terlebih jika berita tersebut cenderung memojokan salah satu pihak maka tentu akan menimbulkan kerugian bagi pihak tersebut.

Semakin berkembangnya era digital ternyata tidak hanya berdampak positif bagi masyarakat, hal ini juga dengan mudah dapat dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menularkan informasi palsu melalui berbagai media sosial.

Menyikapi hal tersebut, Pimpinan Pusat Pemuda Muhamamdiyah melakukan upaya untuk meminimalisir penyebaran informasi hoax tersebut dengan membuat aplikasi dengan nama AppsMu. AppsMu resmi diluncurkan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya No. 62 Jakarta, Jumat (22/9).

“Pemerintah selama ini meminta kelompok masyarakat untuk berperan aktif terhadap penyebaran informasi Hoax, kami juga punya kekhawatiran yang sama terhadap itu. Nah, khusus untuk warga Muhammadiyah kami siapkan AppsMu ini, aplikasi khusus yang bisa memfilter mana informasi benar dan yang mana informasi hoax,” kata Dahnil Anzar Simanjuntak, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhamamdiyah.

Dahnil menjelaskan teknis filterisasi informasi hoax tersebut dilakukan melalui perangkat keamanan yang dibangun oleh tim IT.

Aplikasi yang dibangun bersama beberapa perusahaan teknologi ini tidak hanya sekadar aplikasi berita, tetapi AppsMu juga menjadi aplikasi kegiatan ekonomi bagi warga Muhammadiyah. Hal ini menurut Dahnil sebagai upaya untuk membangun pasar ekonomi khusus warga Muhammadiyah.