free hit counters
 

Lokasi Wisata Menarik dan Seru di Berastagi, Medan

Redaksi – Kamis, 8 Syawwal 1440 H / 13 Juni 2019 13:04 WIB

Eramuslim.com – Sebagai masyarakat yang tinggal di Jabodetabek pasti sudah tidak asing lagi dengan kawasan Puncak Bogor bukan? Tahukah kamu, di Medan juga terdapat kawasan yang mirip dengan Puncak? Berastagi namanya. Lokasinya sekitar 60 km dari kota Medan, dan dapat ditempuh dengan jarak sekitar 2 jam perjalanan.

Berastagi adalah kawasan wisata yang berada di sekitar Bukit Barisan. Merupakan pemberhentian yang pas sebelum mengunjungi kawasan danau Toba. Berada di ketinggian 1300 m di atas permukaan laut, tidak heran jika kawasan ini mempunyai iklim yang sejuk. Di kawasan ini, anda dapat menikmati beberapa objek wisata menarik, mulai dari objek wisata alam, dan yang lainnya.

Pasar buah Berastagi
Jika anda mengunjungi kota Berastagi, ada baiknya jika anda mengunjungi kawasan Pasar Buah Berastagi. Disini anda akan melihat berbagai macam buah-buahan segar, seperti strawberry, alpukat, jeruk, dan yang lainnya. Tidak hanya aneka buah-buahan, aneka sayuran juga tersedia di tempat ini mulai dari kol, wortel, dan yang lainnya. Kawasan yang satu ini, terkenal akan penghasil buah dan sayur yang berkualitas. Berbagai sayur dan buah tersebut tentunya berasal dari para petani langsung. Pasar ini juga mempunyai pedagang yang menjual aneka bibit buah dan sayur, serta aneka pedagang aksesoris menarik. Anda yang pandai menawar, pastinya akan memperoleh harga yang relatif murah.

Bukit Gundaling
Bukit Gundaling berlokasi sekitar 3 km dari pusat kota Berastagi, atau sekitar 60 km dari kota Medan. Mengunjungi objek wisata yang satu ini, akan menawarkan panorama keindahan kota Berastagi, kab Karo, terutama gunung Sibayak dan juga gunung Sinabung. Berada di ketinggian sekitar 1.500 m di atas permukaan laut,  membuat udara di sekitar lokasi mempunyai udara yang cukup sejuk.

Anda juga akan menikmati pemandangan aneka pepohonan yang rindang, bunga-bunga indah nan wangi, dan ada juga aneka patung manusia lengkap dengan pakaian  adat khas suku Batak Karo.

Untuk menikmati berbagai keindahan alam yang ada di lokasi tersebut, anda dapat menyewa kendaraan tradisional sejenis andong, untuk berkeliling bukit.

Anda dapat menggunakan jasa fotografer profesional untuk mengabadikan berbagai momen menarik selama berwisata di kawasan tersebut. Untuk mengunjungi Bukit Gundaling pastikan anda memilih waktu yang tepat, yaitu pada saat sunrise atau juga ketika sunset karena pemandangan yang akan anda peroleh sangat cantik.

Funland – Mikie holiday
Funland- Mikie holiday ini adalah sebuah arena rekreasi keluarga yang berada di kota Berastagi, tepatnya berada di Mikie Holiday Resort. Arena bermain ini mempunyai lebih dari 335 macam wahana permainan menarik, yang dapat digunakan oleh anak-anak hingga dewasa.

Objek wisata ini dapat anda tempuh menggunakan mobil, bus atau kendaraan lainnya dengan jarak sekitar 1,5 atau 2 jam dari kota Medan.

Funland – Mikie Holiday adalah salah satu lokasi wisata favorit bagi masyarakat kota Medan. Selain memiliki wahana permainan yang cukup beragam, objek wisata yang satu ini juga mempunyai pemandangan alam sekitar yang sangat indah, mulai dari pemandangan gunung dan juga udara yang sejuk. Hasilnya anda tidak akan merasa panas ketika bermain di objek wisata yang satu ini. Untuk masuk ke Funland – Mikie Holiday tentunya anda harus membayar tiket.

Adapun harga tiketnya sekitar Rp 100.000 per orang. anda dapat membelinya langsung di loket yang sudah tersedia di lokasi, atau anda dapat membelinya di website Traveloka.

Kampung Tradisional Desa Lingga
Kawasan wisata lainnya yang dapat anda kunjungi kali ini adalah sebuah desa, bernama desa Lingga. Desa Lingga adalah salah satu desa tujuan wisata yang ada di kabupaten Karo, letaknya ada di sekitar 1.200 m dari permukaan laut. Kampung Tradisional Desa Lingga adalah sebuah perkampungan tradisional dengan rumah-rumah adat yang berusia sekitar 250 tahun dan masih berdiri dengan kokoh.

Ada beberapa bangunan tradisional yang ada di Kampung Tradisional ini seperti geriten, jambur, sapo page (sapo ganjang), lesung dan juga museum Karo. Bangunan ini mempunyai bentuk bangunan yang sangat khas, dimana di dalamnya terdapat ruangan berukuran besar namun tidak memiliki kamar-kamar. Umumnya, dalam 1 rumah dihuni oleh 8 hingga 10 keluarga. Dengan tinggi sekitar 2 meter dari atas permukaan tanah yang ditopang oleh tiang yang berjumlah 16 buah dengan ukuran yang cukup besar. Bagian bawah atau kolong sering digunakan untuk menyimpan kayu atau sebagai kandang ternak.



Taman Alam Lumbini
Taman Alam Lumbini berlokasi di desa Tongkoh, kecamatan Dolat Rayat, kabupaten karo. Sebenarnya taman ini adalah bagian dari sebuah Vihara umat Budha, yang ada di sekitar Karo.

Namun demikian, tidak banyak aktifitas yang dilakukan di kawasan tersebut. Biasanya taman yang digunakan hanya sebagian. Kebanyakan digunakan untuk pengambilan foto, dengan latar belakang vihara.

Bangunan Vihara yang satu ini, mirip dengan bangunan kuil yang ada di Thailand, lengkap dengan pagoda yang berwarna emas. Ini yang membuat foto yang dihasilkan menjadi instagramable. Guna menikmati dan masuk ke Taman Alam Lumbini tersebut, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Lain halnya jika anda ingin mengunjungi Vihara, maka anda harus membayar sekitar Rp 5.000 per orang. Tentunya hal ini diluar dari harga tiket parkir.

Museum Pusaka Karo Berastagi
Objek wisata menarik lainnya yang dapat anda kunjungi adalah Museum Pusaka Berastagi. Seperti umumnya museum, ada banyak sekali benda pusaka yang ada di tempat ini. Terutama berbagai benda pusaka yang dimiliki oleh masyarakat suku Karo yang umumnya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Lokasi destinasi wisata yang satu ini ada di Jl. Perwira, kelurahan Gundaling I, kecamatan Berastagi, kabupaten Karo. Museum ini buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore.(#)

Berita Nasional Terbaru