Luhut Minta SBY Tiru Habibie, Gus Umar: Menko Ini Serasa Pemilik Negara

Eramuslim.com – Tokoh Nahdatul Ulama (NU), Umar Hasibuan ikut menyindir Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Sindiran itu terkait pesan Menko Luhut kepada Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono agar mengkritik seperti cara Presiden ke-3 B.J Habibie.

“Luhut ini, Menko serasa pemilik negara ini,” sindir Gus Umar di akun Twitternya dikutip Fajar.co.id, Rabu (28/7/2021).


Tak hanya Gus Umar, anak buah Prabowo Subianto di Partai Gerindra, Fadli Zon juga mengomentari sikap Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.

Fadli Zon menilai setiap orang berhak menyampaikan kritik dan masukan terhadap pemerintah selaku penyelenggara negara. Dia menganggap hal itu wajar di era demokrasi.

“Setiap warga negara mempunyai hak yang sama. Negeri ini punya kita semua. Bukan milik segelintir orang, bukan milik pemerintah saja. Yang jelas milik rakyat. Siapapun pantas concern jika ada kebijakan atau implementasi yang salah. Apalagi di era demokrasi, wajar selalu ada masukan dan kritik,” katanya.

Legislator DPR itu menyebut pemerintah seharusnya mengapresiasi kepedulian SBY terhadap kondisi negara saat ini.

“Pak SBY mungkin melihat ada yang keliru dan berusaha memberi masukan. Wajar sekali. Harusnya ditanggapi dengan apresiasi,” ujarnya. [Fajar]