Luhut: RI Jadi Negara Berpenghasilan Menengah Atas

Eramuslim.com – Di tengah kondisi ekonomi yang sulit akibat virus corona, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengungkapkan kabar baik. Yakni Bank Dunia telah menaikkan peringkat Indonesia dari negara berpendapatan menengah ke bawah (lower middle income country) menjadi negara berpendapatan menengah ke atas (upper middle income country).

Menurutnya, dia sendiri cukup terkejut dengan kenaikan peringkat itu lantaran dilakukan di tengah kondisi pandemi yang memprihatinkan seperti saat ini

“Saya ingin juga sampaikan berita baik untuk kita bahwa Indonesia ini diumumkan oleh World Bank telah naik dari lower middle income country menjadi upper middle income country. Saya juga cukup kaget melihat ini, karena diumumkan pada saat seperti ini,” kata Luhut dalam peluncuran kampanye #SemuanyaAdaDisini secara virtual, Rabu (1/7).

Sebelumnya seperti dikutip dari Antara, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengatakan, melepaskan diri dari jebakan negara berpendapatan menengah atau middle income trap, jadi salah satu tantangan perekonomian Indonesia ke depan.

Ia menyebut hanya sedikit negara yang berhasil lolos dari jebakan middle income yaitu Singapura, Jepang, dan Korea Selatan. Oleh karena itu, Indonesia harus memperhatikan sejumlah masalah terkait dengan produktivitas, daya saing, dan Sumber Daya Manusia (SDM).