Mahfud MD, Korban PHP Jokowi di Pilpres 2019

Eramuslim – Mantan Ketua Mahkamah Konsitusi Mahfud MD boleh jadi mengaku tak merasa kecewa atas penunjukkan Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) bagi Joko Widodo di Pemilu 2019. Namun, prosesnya terbilang mengejutkan karena ia bak disalip di tikungan terakhir.

Pada hari Kamis (9/8) kemarin, Mahfud mulai menyiapkan berkas kelengkapan untuk jadi pejabat negara. Ia mengajukan surat keterangan tidak pernah menjadi terpidana di Pengadilan Negeri Sleman, DIY.

Sebuah sumber mengatakan bahwa Mahfud juga sudah menyerahkan riwayat hidup kepada Jokowi, serta membuat SKCK dan surat keterangan sehat.

Bahkan, anggota Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi pancasila (BPIP) ini sudah diminta untuk mengukur seragam yang bakal dikenalannya saat proses pendaftaran capres dan cawapres di KPU, Jumat (10/8).

Tak ketinggalan, Mahfud juga sudah mendapatkan susunan acara pengumuman cawapres dan pendaftaran pasangan capres-cawapres di KPU itu.

Atas sejumlah indikasi dan informasi di media itu, Warganet pun menyuarakan #JokowiMahfud2019.

Dan akhirnya pada Kamis sore, Jokowi bersama para ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik koalisi berkumpul di Restoran Plataran, Jakarta, untuk mengumumkan cawapresnya.