Teror Ulama dan Kiai, Din Syamsuddin: Saya Kurang Puas Dengan Penjelasan Aparat

Eramuslim – Dengan terus berulangnya kasus penganiayaan terhadap kyai dan tokoh agama lewat pola dan modus yang relatif sama di berbagai daerah khususnya Jawa Barat, Dewan Pertimbangan MUI menduga ada skenario sistematis di balik penyerangan tersebut.

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof Din Syamsuddin menduga penyerangan kepada para ulama belakangan ini terjadi secara sistematis.

Din berpendapat kasus penyerangan terhadap para ulama dan tempat-tempat ibadah ini terjadi dengan pola yang sama sehingga dirinya tidak meyakini jika kasus ini hanya sebuah perkara kriminal tunggal.

“Saya merasa kurang puas dengan penjelasan kedua komandan utama Polri yakni Kepala BNPT dan Kabareskrim karena tidak membeberkan secara terang mengenai pengungkapan kasus tersebut,” ujar KH Din kepada Islampos di Jakarta, Sabtu (24/2).

Namun meskipun begitu, mantan ketua MUI ini menghargai keterangan dari kedua pimpinan Polri tersebut dan meminta adanya sinergitas yang baik denganpara pemangku kepentingan daerah.

Seperti diketahui sebelumnya Dewan pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan rapat pleno bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) dan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen (Pol) Drs. Ari Dono Sukmanto SH MH Rabu (21/2) lalu di Gedung MUI Jakarta. (Ip/Ram)