Malu-Maluin! Jurnalis Asing Ikut Bantah Klaim ‘Bohong’ Jokowi di Debat Ke-2

Eramuslim.com – Debat kedua calon presiden 2019 yang membahas mengenai energi, pangan, infrastruktur, lingkungan hidup, dan sumber daya alam berlangsung di Hotel Sultan Jakarta, Ahad malam 17 Februari 2019.

Dalam salah satu segmen debat tersebut, Jokowi mengklaim keberhasilan pemerintah dalam menghentikan kebakaran hutan. Jokowi mengklaim dalam tiga tahun terakhir tidak ada kebakaran hutan.

Pernyataan Jokowi ini langsung dibantah oleh kelompok Greenpeace Indonesia melalui akun twitter mereka. Juga oleh media Kompas.

Klaim Jokowi ini juga jadi sorotan jurnalis luar negeri.

Ian Morse, jurnalis independen yang meliput Indonesia sampai membantah klaim Jokowi saat debat tadi malam.

“uh Jokowi just said there haven’t been forest fires for three years….

here’s a story where four people were killed from it last August. @PlanetIndon in Pontianak has more info,”

(‘uh Jokowi baru saja mengatakan tidak ada kebakaran hutan selama tiga tahun… ini berita dimana 4 orang terbunuh akibat kebakaran hutan Agustus tahun lalu..’)

Demikian tulis Ian Morse di akun twitternya dengan melampirkan berita dari Kompas pada 22/8/2018 “4 Korban Tewas dalam Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalimantan Barat”.

Ian Morse@ianjmorse

uh Jokowi just said there haven’t been forest fires for three years….

here’s a story where four people were killed from it last August. @PlanetIndon in Pontianak has more info https://regional.kompas.com/read/2018/08/22/21240251/4-korban-tewas-dalam-kebakaran-hutan-dan-lahan-di-kalimantan-barat …

4 Korban Tewas dalam Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalimantan Barat – Kompas.com

Korban terakhir ditemukan tewas pada Senin (20/8/2018) pagi.

regional.kompas.com

(*)