Mamah Dedeh: Tidak Ada Itu Islam Nusantara!

Mamah dedehEramuslim.com – Istilah “Islam Nusantara” yang didengung-dengungkan pada masa pemerintahan Jokowi mendapatkan penolakan dari banyak ulama dan muballigh.

Salah seorang yang tegas menolak Islam Nusantara adalah muballigh nasional Ustazah Dedeh Rosidah yang lebih dikenal dengan nama Mama Dedeh.

Dalam sebuah program tv, Mama Dedeh secara tegas menyatakan tidak setuju dengan adanya Islam Nusantara. Ia bahkan menyatakan Islam Nusantara harus dicoret karena Rasulullah diutus untuk menjadi rahmat bagi segenap alam.

“Dan saya mengumumkan dari panggung Aksi Indosiar pada malam hari ini, siapapun Anda di negeri tercinta, Allah mengatakan wamaa arsalnaaka illaa rahmatan lil alamin. Nabi Muhammad diutus oleh Allah memberikan rahmat bagi segenap alam. Bukan Islam nusantara! Bukan! Coret,” tegasnya.

Pengisi acara Mamah dan Aa itu menambahkan, tidak ada satu ayat atau hadits pun yang menyatakan ada Islam Nusantara. Yang ada, Islam adalah rahmat bagi seluruh alam.

“Saya sangat tidak setuju, karena Allah yang menyatakan wamaa arsalnaaka illaa rahmatan lil alamin. Tidak ada satupun dalam Al Quran maupun hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang menyatakan bahwa dalam Islam ada Islam Nusantara. Coret itu. Tidak ada dalam Islam,” lanjutnya.

Hal senada disampaikan oleh budayawan Emha Ainun Najib. Ia menegaskan, Islam itu satu. Tidak boleh ada Islam Nusantara yang malah membuat Islam terpecah-pecah.

“Yang ada di dalam Alquran hanya Islam satu, utuh dalam satu kesatuan, jangan kemudian disalahartikan, yang menyebabkan umat Islam menjadi terpecah belah,” kata Emha, tegas. (rz/bersamadakwah)