Maneger Nasution: Penyebab Kematian MJ Harus Diinvestigasi

Eramuslim.com – Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah, Maneger Nasution mengatakan bahwa pihak keluarga mempunyai hak untuk mengetahui penyebab kematian Muhammad Jefri (MJ).

Maneger mengatakan, meski masyarakat telah paham jika terorisme merupakan musuh kemanusiaan, akan tetapi dalam penanganannya harus tetap mengedepankan prinsip-prinsip HAM. Dan kepolisian tidak pernah diberikan kewenangan oleh konstitusi dan UU untuk membunuh warga negara meskipun untuk menangani terorisme.

“Karena dalam sistem hukum Indonesia, terduga pelaku kejahatan sekalipun harus diberi ruang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya melalui proses hukum,” kata Maneger kepada Kiblat.net melalui keterangan tertulis pada Jumat (16/02/2018).

Menurut Manager, Siyono yang meninggal pada tahun 2016 lalu, lebih ‘beruntung’. Hal tersebut menurut manager dikarenakan Komnas HAM saat itu masih berani menunaikan mandatnya.

“Sejauh ini nasib MJ kelihatannya belum seberuntung Siyono. Keluarga MJ belum dapat sinyal bahwa Komnas HAM ‘berani’ menunaikan mandatnya menginvestigasi kasus yang terindikasi kuat terjadi pelanggaran HAM itu.”ujar mantan komisioner Komnas HAM tersebut.

Ia juga menilai, Presiden Jokowi sebaiknya memerintahkan Kapolri untuk menginvestigasi kasus tersebut dan menjelaskan secara terbuka ke publik, khususnya keluarga MJ, tentang penyebab kematian MJ yang sesungguhnya. Sebab keluarga punya hak untuk mengetahui sebab kematian anggota keluarganya.

Oleh sebab itu, Maneger mengimbau komnas HAM agar menunaikan mandatnya dengan menginvestigasi kematian MJ dan jika diperlukan, untuk menjalin kemitraan kembali dengan masyarakat sipil.

“Dan Negara harus memastikan tidak ada lagi kasus-kasus yang sama, Siyono dan MJ jilid berikutnya, dimasa yang akan datang,”pungkasnya.(kl/kbn)