Mantan Komisaris BUMN Benarkan Prabowo Soal Bangkrutnya Sejumlah BUMN

Eramuslim.com – Kalangan pengamat ekonomi sepakat dengan Capres Prabowo Subianto bahwa kondisi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang tidak baik alias bangkrut. Prabowo menyebut tiga BUMN besar seperti Pertamina, PLN dan Garuda Indonesia mengalami kebangkrutan.

Pengamat BUMN Said Didu menjelaskan penyebab rusaknya BUMN adalah pemaksaan penugasan dari pemerintah. Menurut dia, penugasan dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai target politik.

“Itu yang dulu saya katakan, BUMN sudah jadi korban target politik. Misalnya BUMN konstruksi yang dipaksa membangun infrastruktur tapi tidak ada kelayakannya,” kata Said saat dihubungi Senin (14/1/2019).

Dia menjelaskan Pertamina dan PLN juga menjadi perusahaan yang digunakan untuk mencapai target tertentu. “Pertamina labanya anjlok, PLN yang merugi, konstruksi, logistik mereka itu jadi korban target politik,” ujarnya.

Said mengungkapkan hal tersebut membuat BUMN memikul beban yang sangat berat. Dia mencontohkan Pertamina yang harus menanggung beban akibat penugasan menjual BBM premium di bawah harga keekonomian, sehingga harus menanggung selisih harga. Begitupun PLN yang dianggapnya terbebani dengan menjual tarif listrik.