Ma’ruf Amin: Revolusi Mental Tidak Jelas Cuma buat Amien Rais, buat Pak Jokowi kan Jelas

Eramuslim.com – Cawapres 01 KH Ma’ruf Amin menjawab soal pernyataan Amien Rais yang menyebut revolusi mental Joko Widodo (Jokowi) tidak jelas. Menurutnya, revolusi mental Jokowi tak jelas hanya untuk Amien Rais.

“Tidak jelas kan buat Amien Rais. Kalau buat Pak Jokowi kan jelas. Bagaimana mengubah mentalitas, mengubah persepsi,” ujar Ma’ruf di kantor DPD Golkar Depok, Jalan Boulevard Grand Depok, Depok, Jawa Barat, Sabtu (12/1/2019).

Amien mengkritik Jokowi saat peluncuran bukunya berjudul ‘Hijrah: Selamat Tinggal Revolusi Mental, Selamat Datang Revolusi Moral’. Amien mengatakan revolusi mental Jokowi tidak punya kompas paradigma atau penunjuk moral sehingga sangat lemah.

Hasil Revolusi Mental?

Ma’ruf menjelaskan revolusi mental yang digaungkan Jokowi membutuhkan proses. Membangun mental manusia, menurutnya, tak semudah membalikkan telapak tangan.

“Bahwa belum semuanya (revolusi mental), itu kan nggak bisa kayak orang membalik tangan begitu. Maka itu ada sebuah proses,” kata dia.

Mantan Rais Aam PBNU itu menambahkan apa yang telah dilakukan Jokowi untuk menyatukan bangsa dan negara. Serta mengubah fundamental.

“Bagaimana menyatukan kita di dalam berbangsa, bernegara. Pembangunan budaya bangsa. Mengubah human resources menjadi human capital. Itu kan perubahan-perubahan yang fundamental,” lanjutnya. [dtk]