Viral, Masjid di Cirebon yang Bikin Betah Musafir

“Banyak orang pasar yang ibadah atau istirahat. Kita berikan penjelasan tentang tata cara beristirahat yang benar sesuai ajaran nabi. Ide awalnya ini sebenarnya kan kita sebagai umat Islam harus meniru amalan nabi dan amalan di Masjid Nabawi,” tutur Kukut.

Selain pelayanan terhadap jemaah dan musafir yang ingin beristirahat di masjid, diakui Kukut, DKM Al Barokah juga melebarkan sayapnya mengajak masyarakat sekitar masjid untuk turut serta dalam memakmurkan masjid.

“Kita ada UMM, usaha memakmurkan masjid. Kita ajak masyarakat untuk salat berjamaah. Mengunjungi dan mengingatkan masyarakat untuk ke masjid, silahturahmi,” ucapnya.

Kukut berharap para DKM bisa memberikan pelayanan terhadap umat. Tujuannya agar umat betah dan turut andil dalam memakmurkan masjid. Menurutnya masjid harus terbuka bagi umat selama 24 jam untum memberikan pelayanan.

“Jangan sampai kalah dengan minimarket dan fasilitas lainnya yang beroperasi selama 24 jam. Masjid juga harus bisa membuat betah umat. Masjid harus menjadi pusat kegiatan,” katanya.

Kukut manyebutkan puluhan jemaah kerap memanfaatkan masjid untuk beristirahat. “Per pekan pernah ada sekitar 55 jemaah yang beristirahat. Ada orang-orang pasar, ada yang menunggu kereta, ada juga yang numpang istrahat setelah mengikuti kegiatan pengajian,” ucapnya.

Ia menambahkan dalam waktu dekat ini Masjid Al Barokah akan direnovasi. Rencananya dibangun dua lantai. “Sumber dananya ya dari sumbangan jemaah dan lainnya,” kata Kukut.(dtk)