Massa BEM SI Bertambah, Jl Medan Merdeka Barat Ditutup Kawat Berduri

Eramuslim.com – Aliansi massa dari BEM Seluruh Indonesia (SI) menggelar aksi memperingati 2 tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, saat ini ditutup oleh polisi.

Pantauan di lokasi, pukul 13.40 WIB, Kamis (21/10/2021), Jl Medan Merdeka Barat ditutup menggunakan kawat berduri. Polisi dibantu dengan petugas Satpol PP mulai membentangkan kawat berduri sekitar pukul 13.25 WIB.

Selain itu, tampak pula ada lima buah mobil taktis dari polisi disiagakan di sekitar kawat berduri. Massa aksi yang sebelumnya berada di pintu barat daya Monas kini mulai bergerak maju ke arah Jl Medan Merdeka Barat tepat di depan kawat berduri.

Mereka terlihat berorasi di dua sisi jalan di Jl Medan Merdeka Barat. Tampak petugas kepolisian berjaga di belakang kawat berduri dan di sekeliling massa tepatnya di atas trotoar jalan.

Arus lalu lintas di Jl Medan Merdeka Barat dan Jl Thamrin saat ini dalam kondisi normal walaupun sempat terjadi antrean kendaraan. Petugas kepolisian terlihat berjaga di sekitaran Bundaran Patung Kuda untuk mengatur arus lalu lintas.

Seperti diketahui, massa aksi gabungan dari Aliansi BEM SI menggelar aksi dalam rangka peringatan 2 tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Massa tetap melanjutkan longmarch menuju Istana Merdeka, Jakarta, meskipun diguyur hujan deras.

Koordinator BEM SI, Naufal, mengatakan aksi tersebut telah berdasarkan kajian. Terdapat sejumlah tuntutan yang akan dibacakan massa aksi seperti tuntutan agar pemerintah menjamin kebebasan akademik, biaya pendidikan yang berkeadilan, pendidikan aman dari kekerasan seksual, tegakkan marwah akademik, mencabut revisi UU KPK, UU Minerba, UU Cipta Kerja, dan aturan turunannya, evaluasi total Kabinet Indonesia Maju, dan lainnya. [Detik]