Mau Lockdown tapi Ogah Kucurkan Uang, Terus Rakyat yang Stay At Home Makan Apa?

Eramuslim.com – Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Tengku Zulkarnain yakin seandainya pemerintah berani dan tegas menerapkan Lockdown wilayah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona sesuai dengan UU Tahun 2018, masyarakat akan taat.

Pernyataan Tengku untuk merespon sikap pemerintah yang ditulis oleh media dengan judul “Pemerintah Nilai Lonjakan Kasus Corona karena Warga Tidak Patuh Instruksi.” Dalam berita yang dikutip oleh Tengku menyebutkan salah satu instruksi pemerintah yaitu agar masyarakat disiplin menerapkan social distancing untuk menghambat penyebaran corona.

“Masalahnya mau “lock down” tapi tidak berani kucurkan uang. Terus rakyat yang stay at home makan apa…?” kata Tengku dalam akun Twitter.

Dorongan agar pemerintah memberlakukan Lockdown juga disuarakan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Menurut Fadli Zon jika kebijakan ini tidak diambil, virus corona akan memakan korban lebih banyak lagi dari sekarang.

“Surat terbuka untuk Presiden @jokowi: MENUNDA Lockdown, MEMPERBANYAK KORBAN,” demikian tweet Fadli Zon tanggal 23 Maret lalu.

Kebijakan Lockdown sejak beberapa pekan lalu menjadi perdebatan. Bagi pemerintah pusat, Lockdown belumlah jadi opsi dan kecil kemungkinan hal itu dipilih.