Mau Maju di 2024, Prabowo Yakin Masih Laku?

Eramuslim.com – Punya partai besar dan ada di pemerintahan, peluang Prabowo Subianto mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2024 terbuka lebar.

Analis politik yang juga Direktur Mahara Leadership, Iwel Sastra mengatakan, tantangan bagi Prabowo tahun 2024 bukan lagi masalah bisa maju atau tidak, tapi adalah apakah bisa menang atau tidak.

Jelas Iwel, pertanyaan paling penting adalah, setelah kalah dua kali berturut-turut dalam pilpres tahun 2014 dan 2019, apakah masih ada peluang Menteri Pertahanan itu untuk menang pada pilpres mendatang.

Saat ini, Prabowo masih mengandalkan suara pendukung loyal partai yang dipimpinnya, Partai Gerindra.

Namun menurut Iwel, tidak semua yang pernah memilih Prabowo masih setia memilih kembali mantan Danjen Kopassus itu di 2024.

“Mereka yang memilih Jokowi pun tidak mudah juga dipastikan akan memilih Prabowo pada 2024, walaupun misalnya Prabowo juga diusung oleh PDI Perjuangan,” ujar dia kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (24/10).

Apalagi, lanjut Iwel, Prabowo akan berhadapan dengan tokoh-tokoh yang sedang bersinar seperti Gatot Nurmantyo, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil.

“Tentu dengan catatan, tokoh-tokoh yang bersinar tadi mendapatkan partai pengusung pada Pilpres 2024,” sambungnya.

Jokowi tidak lagi maju pada pilpres mendatang karena sudah menjabat dua periode. Adapun kecenderungan pemilih Indonesia selalu memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada tokoh yang sedang bersinar.

Khusus Gatot, Iwel mengingatkan kepada siapa pun calon presiden nanti, harus mewanti-wanti mantan Panglima TNI itu.

“Nama Gatot Nurmantyo melesat tajam sejak deklarasi KAMI dihadang di beberapa daerah. Kejadian ini mengingatkan kepada yang pernah dialami oleh Ustad Abdul Somad beberapa tahun lalu yang membuat namanya semakin dikenal oleh publik,” ucapnya. (*)