free hit counters
 

Media Asing: Jumlah Penguburan di Jakarta Jauh Lebih Tinggi dari Angka Kematian Resmi Corona

Redaksi – Sabtu, 8 Ramadhan 1441 H / 2 Mei 2020 11:00 WIB

Eramuslim.com – Data resmi menunjukkan, jumlah penguburan di Jakarta pada bulan April mendekati rekor tertinggi. Ini menunjukkan, mungkin ada lebih banyak kematian akibat Covid-19 di kota itu daripada yang tercatat secara resmi.

Sebanyak 4.377 penguburan di bulan April, digabungkan dengan 4.422 penguburan pada bulan Maret, menunjukkan bahwa 2.500 orang telah meninggal dalam dua bulan terakhir daripada angka rata-rata untuk periode itu. Namun, data penguburan dari situs web taman kota dan departemen pemakaman itu, tidak mengidentifikasi penyebab kematian.

Jakarta adalah pusat penyebaran virus corona di negara terpadat keempat di dunia. Menurut pemerintah pusat, sebanyak 375 kematian akibat Covid-19 di ibukota hingga saat ini.



Secara keseluruhan, Indonesia mencatatkan 800 kematian akibat penyakit itu, kata pejabat Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto, yang dilansir oleh laman arabnews.com.

Ditanya tentang angka penguburan di Jakarta, Yurianto mengatakan bahwa angka resmi untuk kematian karena virus korona hanya mencakup mereka yang meninggal setelah dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut.

“Beberapa orang yang meninggal dengan gejala Covid-19, tidak diuji sama sekali, sementara yang lain mengumpulkan sampel yang salah,” kata Yurianto. Namun Dia tidak menjelaskan tentang arti sampel yang salah.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru