Media Asing: Puluhan Dokter dan Perawat Indonesia Meninggal Terpapar Covid-19

Eramuslim.com – Setidaknya 70 dokter dan 50 perawat dilaporkan meninggal akibat virus corona di Indonesia, dengan ratusan petugas kesehatan lainnya terinfeksi penyakit tersebut saat memerangi pandemi.

Dalam sebuah laporan pada Kamis (30/7) lalu, Media Australia, Sydney Morning Herald (SMH), menyoroti masalah ini, dan mengungkap kelemahan pemerintah Indonesia dalam melakukan tes regular kepada para petugas medisnya di garis depan.

Dalam laporannya, SMH mengutip Asosiasi Medis Indonesia, yang memperkirakan bahwa antara 200 hingga 300 dari 160.000 dokter di Indonesia terinfeksi virus corona. Di minggu kedua pada Juli saja, 14 dokter meninggal karena penyakit tersebut.

Sedangkan Asosiasi Perawat Nasional mengatakan bahwa setidaknya 300 dari 1,3 juta perawat di tanah air tertular penyakit itu, tetapi memperingatkan angkanya bisa lebih tinggi. Dalam kedua kasus tersebut, data yang akurat tidak tersedia.

Asosiasi tersebut, lanjut SMH, menyerukan pengujian rutin terhadap pekerja medis, jaminan akses ke alat pelindung diri (APD) dan pendidikan serta pelatihan yang lebih tinggi untuk memperlambat penyebaran penyakit.