Megahnya Kerajaan Bisnis Jusuf Kalla

Eramuslim.com – Jusuf Kalla (JK) belakangan menjadi sorotan dan berbicara di berbagai media untuk mengomentari isu-isu politik. JK memang dikenal publik sebagai tokoh bangsa yang pernah duduk dua kali menjadi wakil presiden.

Sebenarnya jati diri JK adalah seorang pengusaha. Dia memiliki sebuah kerajaan bisnis yang diberi nama Kalla Group.

Dirangkum detikcom, Senin (23/11/2020), di era kepemimpinan JK ada 36 usaha termasuk bisnis percetakan dan bisnis tukang cukur. Namun, usaha-usaha itu tidak semuanya berjalan dengan mulus.

Kalla Group memiliki usaha di bidang industri otomotif dengan berdagang merek Toyota di kawasan Indonesia Timur lewat bendera PT Hadji Kalla (Kalla Toyota). JK mengatakan bahwa penjualan merek Toyota lebih dulu dilakukannya daripada Astra.

Bisnis Kalla Group juga meliputi usaha baja, semen dan tekstil. Pada tahun 1964, saat Indonesia diterpa krisis ekonomi dan inflasi besar-besaran, bisnis tersebut ikut terkena imbasnya dan hampir bankrut. JK muda yang baru saja bergabung saat itu memutar otak mencari bisnis lain yang lebih berkembang di masa depan.

“Saat saya masuk, pegawai tinggal satu. Saya lihat kebutuhan mobil pasti akan meningkat terus. Saya surat dan kunjungi Toyota dan akhirnya jadi dealer di Sulawesi,” ungkap JK di Makassar, Sulsel, Sabtu (11/11/2018).