Mendikbud: Pawai Anak-Anak TK di Probolinggo Tidak Ada Yang Luar Biasa

Eramuslim.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy menelusuri maksud dan tujuan pawai budaya anak-anak TK Kartika V yang kontroversial. Pawai itu dinilai kontroversial karena menggunakan baju hitam dan cadar serta membawa replika senjata. Pawai itu viral di media sosial.

Mendikbud pun datang ke Kota Probolinggo, Jawa Timur, Ahad (19/8) petang. “Setelah saya turun langsung dan mengecek di lapangan, sebenarnya karnaval anak-anak TK itu tidak ada yang luar biasa,” katanya.

Hanya saja video yang viral fokus pada pasukan yang anak-anak memakai cadar dengan membawa senjata. “Namun kalau dilihat secara utuh karnaval itu seperti karnaval biasa,” kata Muhajir menambahkan.

Menurut dia, pawai budaya yang digelar TK tersebut memiliki tema perjuangan umat Islam dalam kemerdekaan Indonesia yang digambarkan dengan bendera Merah Putih, Ka’bah dan diikuti pasukan anak-anak. Mereka menggunakan cadar dengan membawa replika senjata yang dinilai kontroversial itu.

Berdasarkan dari penjelasan pihak sekolah, properti yang digunakan anak-anak dalam karnaval itu merupakan stok lama yang dimiliki pihak sekolah. Tidak ada niat dari pihak sekolah untuk memberikan arahan kepada anak-anak didiknya ke ajaran radikalisme yang berbahaya. “Itu hanya kebetulan saja dan tidak terpikir dampaknya seperti ini,” tuturnya.

Ia menjelaskan pihak Kemendikbud perlu meluruskan informasi beredar terkait pawai budaya anak-anak TK di Kota Probolingo yang sempat viral di media sosial. Tidak benar adanya ajaran radikalisme di TK setempat.

Penggunaan properti itu untuk menghemat biaya pengeluaran wali murid  Kendati demikian, kasus tersebut dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak sekolah dan guru juga harus cermat dalam mendidik siswanya.

“Kalau memang belum waktunya dikenalkan properti itu, sebaiknya dipertimbangkan masak-masak lebih dulu,” katanya.