Menhan Ryamizard akan Evaluasi Panglima TNI

Eramuslim.com – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan akan mengevaluasi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Evaluasi tersebut terkait dengan isu pembelian 5.000 senjata ilegal yang dilontarkan Gatot beberapa waktu lalu.

“Ya sama-sama lah. Semua manusia itu termasuk saya, siapa yang tidak pernah keliru. Kita maklumi saja asal tidak (terjadi) lagi ke depan, tidak terjadi lagi,” kata Ryamizard di Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (26/9).

Ia mengatakan, evaluasi tersebut adalah hal yang lumrah. Termasuk juga jika ia berbuat salah untuk mengatur pertahanan Indonesia, Ryamizard menyebut selalu siap untuk dievaluasi, bahkan oleh prajurit yang dipimpinnya.

Menhan sendiri memastikan bahwa memang ada institusi di luar militer yang membeli senjata ke PT Pindad, institusi itu adalah Badan Intelijen Negara (BIN). Namun, menurut dia, jumlah senjata yang sudah disepakati untuk dibeli BIN hanya 521 pucuk.

“Saya juga banyak kelirunya kok, tapi saya senang perwira-perwira saya dalam rapat, dia bilang ‘bapak harus begini-begini’. (Saya) bukannya marah, (justru bilang) oh terima kasih, kamu berani, saya dikoreksi,” beber dia.

“Saya siap dikoreksi. Saya tahu mereka sayang saya, tidak menjelek-jelekkan saya. Saya terima,” imbuhnya.