Menko Kesra: Permintaan Dana Penanggulangan Bencana Membengkak

Menteri Koordonator Bidang Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie mengungkapkan, sampai awal Februari 2007 pengajuan dana penanggulangan bencana nasional sudah mencapai Rp 2, 6 triliun, atau lebih besar 130% dibandingkan dana penanggulangan bencana yang adapada APBN 2007.

Ia menilai, permintaan dana penanggulangan bencana sudah di atas pagu yang dianggarkan APBN 2007. "Usulan penanggulangan bencana nasional sudah melebihi asumsi pada APBN 2007, " kata Aburizal di Jakarta, Jum’at (9/2).

Menurutnya, pada APBN 2007, total anggaran penanggulangan bencana alam secara nasional ditetapkan sebesar Rp 2 triliun. Anggaran ini, direncanakan untuk penanggulangan bencana alam di seluruh Indonesia sepanjang 2007.

Oleh karena itu, pihaknya memastikan dana ini tidak akan cukup membiayai penanggulangan bencana alam di sejumlah daerah saat ini. Alasannya, masih minggu pertama bulan kedua tahun ini pengajuan dana bencana dari sejumlah daerah sudah mencapai Rp 2, 6 triliun.

Dijelaskannya, tidak semua usulan daerah bisa disetujui dalam waktu dekat ini, setidaknya sampai pembahasan APBN Perubahan pada pertengahan tahun.

Terkait dengan hal itu, dirinya berharap agar daerah yang keuangannya kuat, misal DKI Jakarta, dapat mengantisipasi dan menyediakan anggaran penanggulangan banjir dari APBD-nya sendiri. (dina)