Menteri Era Soeharto Ini Sebut RRCina Rakus Terhadap Perbatasan

Eramuslim.com – Menteri Perumahan Rakyat era presiden Soeharto, Siswono Yudo Husodo, mengingatkan pemerintah bahwa Indonesia masih memiliki sejumlah masalah sengketa perbatasan dengan negara-negara tetangga, bahkan sejak masa Orde Baru. Dua di antaranya ialah sengketa perbatasan dengan Malaysia dan Cina.

Sengketa dengan Malaysia, menurut Siswono, sesungguhnya pernah cukup pelik tetapi secara bertahap mulai terselesaikan meski belum semua. “Tapi secara umum kita tidak mempunyai masalah yang membahayakan karena sebagian ada di laut,” katanya saat menerima Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjadi dosen tamu di kampus Universitas Pancasila, Jakarta, Kamis, 13 Desember 2018.

Sengketa yang masih berlarut-larut, katanya, ialah dengan Cina atau Tiongkok tentang zona ekonomi di atas perairan Natuna. Beberapa kilometer persegi perairan itu sesungguhnya bagian dari wilayah Indonesia tetapi Cina mengklaim itu milik mereka.

Persoalan itu kian rumit karena juga melibatkan beberapa negara lain dalam perebutan klaim Laut Cina Selatan, di antaranya mencakup Filipina, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia.

“Kita tahu Cina sangat rakus soal mengklaim perbatasan negaranya sampai jauh ke bawah laut Cina selatan, berbentur dengan Filipina, berbentur dengan Thailand, Malaysia, kemudian Brunei. Dengan kita bukan perbatasan; hanya zona ekonomi. Saya yakin kita bisa meng-handle-nya (mengatasinya) dengan baik,” katanya.