Menteri Serba Bisa ‘LBP’ Nantang Cium Kaki Soal Utang Indonesia

Eramuslim – Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan kembali pasang badan. Dia tak terima Presiden Jokowi terus diserang isu utang. Kemarin, LBP menantang debat para pengritik. Taruhannya: yang kalah cium kaki.

Tantangan Luhut disampaikan saat menghadiri Sarasehan Nasional yang digelar di JS Luwansa, Jakarta, kemarin. Dia gerah dengan berbagai serangan berbagai tokoh yang ditujukan kepada Jokowi. Menurut dia, pertumbuhan utang pemerintah saat ini masih lebih rendah dibanding sebelum-sebelumnya. Apalagi penarikan utang saat ini lebih banyak dipakai untuk membangun infrastruktur. Bukan digunakan untuk yang tak produktif.

LBP menjelaskan utang pemerintah saat ini tidak lagi government to government. Tapi untuk proyek pembangunan. “Itu terjadi perubahan. Nah, orang bilang utang. Ini utang kita rendah,” kata Luhut. Selain itu, Luhut juga menyebut pemerintah sudah mengelola utang dengan baik.

Dia pun menerima dengan terbuka jika ada yang mengkritik soal utang pemerintah. Dia siap berdebat soal ini. Menurut dia, orang yang melontarkan utang telah berbohong kepada publik karena tidak disertai dengan data yang tepat.

“Kalau saya salah, saya cium kaki kau. Tapi kalau kau salah, kau cium kaki saya. Nggak ada yang datang, nggak ada yang berani,” ungkapnya.