Mercy S600 Sering Mogok, DPR: Saatnya Jokowi Pakai Esemka

Eramuslim.com – Marak diberitakan mobil Mercedes-Benz S600 Guard Kepresidenan RI-1 sering mogok saat Presiden Joko Widodo alias Jokowi melakukan kunjungan kerja. Salah satunya, saat kepala negara itu melakukan kunker ke Kalimatan Barat pada Kamis (5/9).

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, menyarankan agar Jokowi menggunakan mobil Esemka. Hal itu untuk membuktikan klaim Jokowi yang sering membanggakan mobil tersebut.

“Saya rasa ya ganti dong dengan mobil Esemka yang dibangga-banggakan dulu. Itu spiritnya akan bagus, kan udah diproduksi,” kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (6/9).

Dia juga menyarankan agar mobil itu turut dipakai oleh para menteri-menteri di kabinet kerja Jokowi. Para menteri Jokowi masa jabatan 2019-2024 memang akan mendapatkan mobil dinas baru.

“Esemka aja lah,” singkat Fadli.

Selain itu, Fadli juga merasa heran dengan mobil Esemka yang hari ini diluncurkan ke publik dan dihadiri langsung oleh Jokowi. Namun, Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Eddy Wirajaya, menyebut Esemka murni perusahaan swasta.

Fadli juga menyoroti informasi yang beredar bahwa komponen mobil tersebut bukan berasal dari Indonesia. Maka itu, dia meminta agar Esemka secara terbuka menyampaikan ke publik terkait komponen mobil tersebut.

“Siapa tahu ini mobil dari Cina sana dibikin di Indonesia, dirakit kan, siapa tahu gitu. Kalau gitu mah semua orang juga bisa,” kata Fadli. [ns]