Minta Kerja dari Rumah, Gubernur Anies akan Beri Bantuan Tunai ke 1,1 Juta Orang

Eramuslim.com – Pemprov DKI Jakarta akan memberikan bantuan langsung tunai pada warga yang terdampak kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ada 1,1 juta warga DKI yang akan menerima bantuan ini.

“Ada 1,1 juta orang di Jakarta yang itu semua nanti kita akan secara bertahap memberikan bantuan,” ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2020).

Meski demikian, Anies menyebut rencana ini masih belum rampung. Pihaknya masih merumuskan berbagai pertimbangan dan pelaksanaan pemberian bantuan ini.

“Sekarang sedang dirumuskan besaran, metode mengikuti perkembangan,” jelasnya.

Anies sendiri mengakui dalam penerapan Work From Home, masih banyak kendalanya karena tak semuanya bisa melakukannya. Imbauan ini kemudian menimbulkan polemik di masyarakat.

Namun ia meminta agar masyarakat terus mengurangi interaksinya karena tindakan pencegahan penting dalam menghindari penularan virus.

“Jadi ini, punya konsekuensi yang tidak sederhana. Karena kemudian sebagain dari masyarakat kita yang memiliki pekerjaan mengandalkan pada penghasilan harian itu akan terdampak,” pungkasnya.

Diketahui pasien positif corona di Jakarta terus bertambah secara signifikan setiap harinya dan sudah menyentuh angka 223 orang. Korban yang dinyatakan meninggal juga terus berjatuhan mencapai 20 orang.

Karena itu, Gubernur Anies Baswedan menyatakan ibu kota sudah menjadi daerah tanggap darurat bencana. Keputusan ini diambil setelah melakukan rapat koordinasi bersama Pemerintah Pusat, TNI, hingga kepolisian.

“Maka hari ini kita menetapkan bahwa Jakarta ditetapkan sebagai tanggap darurat bencana Covid19,” ujar Anies.(sc)