Modus Mama Minta Pulsa, Penipu Raup Rp200 Juta/bulan

Eramuslim.com – Polisi meringkus dua pelaku penipuan yang melancarkan aksinya dengan modus menyebar pesan singkat (SMS) secara acak. Meski merupakan modus lama, nyatanya masih saja ada orang yang tertipu.

“Ingat kalau dulu SMS bertuliskan ‘mama minta pulsa’ atau ‘menang undian harapan’. Itu modus mereka semuanya. Banyak modus-modus lainnya, ada juga anak kecelakaan dan butuh biaya obat,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Senin (1/3), dikutip dari Antara.

Dua pelaku penipuan yang berinisial U dan HS tersebut ditangkap pada tanggal 20 Februari lalu di wilayah Pondok Jaya, Tangerang.

Yusri mengatakan meski modus tersebut sudah ketinggalan sehingga banyak diabaikan masyarakat, pada kenyataannya masih ada saja korban yang terjerat tipu daya kedua tersangka.

“Saat ini memang sebagian besar orang tidak percaya dengan pesan-pesan seperti itu, tapi pada kenyataannya masih saja ada korban yang tertipu, kemudian mengikuti petunjuk yang tersangka berikan termasuk mengarahkan untuk mentransfer,” tambahnya.