Dengar Emak-Emak Menjerit Harga Pangan Mahal, Moeldoko Jengkel dan Suruh Tanam Sendiri

Eramuslim.com – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku jengkel ketika mendengar banyak ibu rumah tangga yang berteriak harga pangan saat ini mahal.

Menurut Moeldoko, ibu-ibu rumah tangga tersebut seharusnya bisa lebih mandiri untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya dengan menanam sayur-sayuran di rumah.

“Kalau ada ibu-ibu teriak harga mahal, jengkel saya. Mbok ya ambil 2-3 pohon (untuk ditanam di rumah),” kata dia dalam outlook Agribisnis 2019 di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (13/12/2018)

Lebih lanjut, ia mengungkapkan benih tanaman tersebut tak perlu membutuhkan lahan yang luas. Pasalnya, bisa ditanam di halaman rumah dalam kantung plastik.

“Di plastic bag (kantung plastik) itu tumbuh. Saya sering, selalu nanya itu saya suruh goreng tempe, tahu sambil duduk di teras itu enak. Tapi bahasa kita sembrono sukanya itu mengeluh (harga mahal) tidak ada upaya keras untuk memenuhi kebutuhan pribadi,” ungkap dia.

Sementara itu, dalam acara yang sama dihadiri Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) melakukan diskusi untuk membicarakan masalah ketahanan pangan di tahun 2019. [dtk]