Moeldoko Mengkudeta AHY, Min Aung Hlaing Mengkudeta Suu Kyi

Eramuslim.com – Foto eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko bertemu Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Myanmar Senior General Min Aung Hlaing di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, 17 Februari 2014, lalu kembali viral di media sosial (medsos). Tidak hanya foto, pertemuan Moeldoko dengan Ming Aung Hlaing berupa video juga ramai dibicarakan warganet (netizen).

Foto dua pimpinan militer tersebut dengan pose salam komando, dan Moeldoko maupun Min Aung Hlaing sama-sama tersenyum. Peneliti kebijakan strategis and militer di Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Evan A Laksmana termasuk yang mengunggah foto tersebut. “Kisah dua kudeta?” katanya lewat akun Twitter @EvanLaksmana.

Foto itu menjadi menarik lantaran Moeldoko pada Jumat (5/3), berhasil menjadi ketua umum DPP Partai Demokrat usai pecatan kader mengadakan kongres luar biasa (KLB) di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. KBL di Sumut diawaki Marzuki Alie dan Johnny Allen Marbun.

Moeldoko mengkudeta posisi yang ditempati Mayor (Purn) Agus Harimurti Yudhoyono, yang kepengurusannya disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Moeldoko saat ini, menjabat sebagai Kepala Staf Presiden (KSP), yang menjadi lingkaran satu Presiden Joko Widodo (Jokowi).