Muhammadiyah Sesalkan Islam Selalu Dipojokkan: Pakai Jilbab Dicap Kadrun, Santri Dikatain Calon Teroris

 

(By Muhammadiyah.or.id)

Eramuslim.com – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dadang Kahmad menyayangkan narasi-narasi negatif yang bertebaran di media sosial yang kerap dipakai untuk memojokkan ummat Islam.

“Kita tahu di jaman sekarang, jamannya media sosial, kemerdekaan berpendapat luar biasa dan orang bebas mengatakan apapun. Sehingga, narasi-narasi yang memojokkan Islam itu makin luas dan berkembang,” ujar Dadang Kahmad dikutip dari situs resmi Muhammadiyah, Sabtu (25/9/2021).

Menurutnya, salah satu ucapan negatif yang dialamatkan kepada ummat Islam adalah kata kadrun alias kadal gurun.

“Ada juga Islam yang diidentitaskan dengan Kadrun, itu kan yang pakai jilbab, kerudung disebut kadrun. Orang yang pakai kopyah, pake sarung disebut Kadrun. Bahkan ada yang mengatakan santri-santri itu calon teroris,” kata Dadang.

Atas fitnah yang nampak sengaja dimunculkan di masa disrupsi ini, menurut Dadang tidak aneh, dia pum mengutip Alquran dalam At Taubah ayat 32.

“Bahkan banyak sekali memang narasi-narasi yang tidak enak bagi kita. Yang membikin kita marah. Tapi tidak usah marah sebenarnya. Karena di Alquran disebut wa idza khotobahumul jahiluna qalu salama. Kalau orang-orang bodoh itu ngomong kepadamu, jangan diresponlah, biasa aja. Kalau direspon mereka makin besar ketawa, makin merasa ditanggapi,” pesannya.

Meski begitu, Dadang mengatakan bahwa narasi negatif itu tidak perlu direspon