Mulai Hari ini Jamaah Diarahkan Bergerak Menuju Makkah

Eramuslim.com – Mulai 1 Juni 2023, Jamaah haji mulai didorong dari Madinah menuju Makkah untuk menjalani ibadah umrah di Masjidil Haram. Demikian disampaikan Kepala Seksi Layanan Kepulangan dan Kedatangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Edayanti Dasril.

“Sebanyak 1.889 jamaah mengawali keberangkatan dari Madinah menuju Makkah untuk umrah wajib,” terang Dasril dalam keterangan persnya di Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

“Mereka terbagi dalam lima kelompok terbang (kloter), masing-masing kloter pertama Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01), Solo (SOC 01), Makassar (UPG 01), Aceh (BTJ 01), dan Kualanamu/Medan (KNO 01),” sambung Edayanti, Kamis (01/06/2023).

Dijelaskan Edayanti, dalam perjalanan dari Madinah menuju Makkah, Jamaah haji akan terlebih dahulu mengambil miqat makani (tempat) untuk berihram di Masjid Dzulhulaifah atau Bir Ali.

“Jamaah akan menempuh perjalanan  kurang lebih 450 km ke Makkah dan waktu sekitar lima jam,” katanya.

Ia mengatakakan, bus yang akan membawa Jamaah ke Makkah hanya berhenti di Bir Ali selama 30 menit. Karenanya, ia mengimbau jamaah telah mengenakan ihram sejak di pemondokan masing-masing.

“Bagi jamaah lansia, tidak perlu turun dari bus saat di Bir Ali. Nanti akan ada petugas yang akan menghampiri dan membimbing Jamaah untuk berihram,” imbaunya.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga tanggal 31 Mei 2023, pukul 24.00 WIB, jamaah dan petugas yang sudah tiba di Kota Madinah berjumlah 47.775 orang atau 124 kelompok terbang.

“Jamaah yang wafat berjumlah 8 orang. Jamaah wafat disalatjenazahkan di Masjid Nabawi dan dimakamkan di Baqi. Sesuai ketentuan, jamaah yang wafat akan dibadalhajikan,” terang Edayanti.

Sejalan pendorongan jamaah dari Madinah, lanjut Edayanti, petugas haji  Daerah Kerja Makkah telah siap menyambut dan melayani para tamu Allah  menjalani ibadah.

“Pemondokan, berbagai fasilitas ramah lansia, dan dan fasilitas pendukung bagi lansia dan disabilitas sudah dicek kesiapaannya, seperti kursi tambahan di bawah shower dan handrail (pegangan tangan) di kamar mandi,” katanya. “Bahkan, di beberapa hotel disiapkan juga tombol dan lampu darurat untuk para disabilitas dan lansia,” tambahnya.

(Hidayatullah)

Beri Komentar