Muncul “Mie Dajjal”, Umat Islam Diserukan Beri Nama yang Baik Bagi Makanan

Eramuslim.com – Semakin banyak inovasi unik yang diciptakan manusia dalam memberi nama makanan. Memberikan nama makanan pun semakin aneh-aneh agar eksis. Bahkan di Youtube artis cantik Aurel sempat makan mie dajjal hingga jingkrak-jingkrak karena saking pedasnya.

Banyak sekali bentuk atau nama makanan yang aneh-aneh. Salah satunya adalah nama makanan yang bersandingan dengan istilah ‘setan’ atau makanan yang berbentuk hantu seperti pocong atau kuntilanak. Saat ini ada nama sambel setan, ayam neraka, mie setan, dan nama buruk lainnya.

Ustaz Ade Chalifah menanggapi masalah penamaan makanan ini dengan nama-nama setan. Menurut beliau, dalam Islam penamaan itu harus dengan nama yang baik.

“Dalam Islam, penamaan itu harus baik. Jangan mengundang atau membangun asumsi yang jelek,” ujar Ustaz Ade Chalifah kepada Okezone, Jumat (19/7/2019).

Rasulullah dalam beberapa kesempatan melihat beberapa sahabat dan mendengar nama mereka yang buruk, akan diganti oleh beliau dengan nama yang baik-baik.

Dari Aisyah radhiyallahu anha, ia berkata, “Bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam biasa mengganti nama yang jelek.” (HR. At-Tirmidzi)