Nah Kamu Ketahuan! Impor Bawang Putih: Beli di Cina 8 Ribu, Dijual di Jakarta 50 Ribu/Kilo

Eramuslim.com – Harga bawang putih lagi-lagi bikin ramai republik ini. Komoditas pangan yang satu ini tergolong seksi dan banyak peminat. Tersiar kabar bila para importir nakal sampai merayu sejumlah pejabat di kementerian. Uang ratusan juta hingga miliaran jadi iming-iming manis agar proyek tersebut lolos.

Ujung dari drama bawang putih ini akhirnya sampai ke gedung dewan. Kemarin, Rabu (25/4) Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi IV DPR bersama Kementerian Pedagangan (Kemndag), Kementerian Pertanian (Kementan) dan Pengusaha Bawang Putih dan Importir Bawang Putih berlangsung di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan.

Kantor Berita Politik RMOL mencoba menelusuri harga bawang putih yang diimpor dari Tiongkok tersebut. Dari situs belanja online www.alibaba.com diketahui bila harga bawang putih per metric ton berkisar antara 500 USD-1.200 USD. Disana tercantum bila minimal pemesanan adalah 24 metric ton. Salah satu perusahaan bernama Jinning Fenduni Foodstuff Co yang ada disitus itu mengaku mampu menyediakan bawang putih ukuran 4,5 cm – 6,5 cm dengan kualitas super. Harga tersebut diperkirakan bisa diskon bila para importir datang langsung ke Tiongkok dan negosiasi harga dengan penjual disana.

Logikanya bila harga bawang putih berkisar di angka 500 USD dengan catatan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika adalah Rp 13.000 maka diketahui harga per kilonya hanya Rp 6.500 saja.

Direktur sayuran dan tanaman obat, Direktorat Jenderal Hortikuktura, Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto mengatakan ada biaya resmi lain yang harus dipenuhi saat barang tiba di pelabuhan. Biaya bongkar muat bawang putih di pelabuhan berkisar antara Rp850 – Rp1.000 per kilogram sebagaimana tercantum dalam PPH 22