Nah Lho! Anies Disebut Tak Bisa Jadi Presiden, Refly Harun: Karena Presiden Orang Indonesia Asli

Kolase foto Refly Harun dan Anies Baswedan. (foto: diolah dari google)

Eramuslim.com – Ahli hukum tata negara yang juga Pengamat Politik, Refly Harun, menyebut, bila Anies Baswedan tidak bisa menjadi Presiden Indonesia.

Pasalnya Anies Baswedan yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, bukan orang Indonesia asli alias warga keturunan.

Ucapan tersebut kata Refly, pernah dilontarkan langsung di depan Anies Baswedan. Bukan cuma sekali, Refly sering mengatakan hal tersebut berulang kali di depan Anies Baswedan. Namun kata Refly, ucapan tersebut hanya sebatas gurauan belaka.

“Saya pernah bercanda dengan Anies dan saya sering mengulanginya, saya bilang Nies, ente tidak bisa jadi presiden, kenapa? Karena presiden orang Indonesia asli saya bilang,” ucapnya sambil terkekeh dalam video di kanal Youtube Refly Harun yang diunggah Sabtu 8 Mei 2022.

Bukan tanpa sebab, bercandaan tersebut dilontarkan Refly depan Anies, karena pada saat itu dalam Pasal 6 Undang-Undang dasar 1945 dituliskan presiden harus orang Indonesia asli.

Padahal lanjut Refly, terminologi atau istilah orang Indonesia asli saat itu belum tergambar secara jelas.

“Makanya dalam konstitusi yang baru ya, Undang-Undang Dasar 1945 setelah amandemen itu diubah ketentuan indonesia asli itu menjadi warga negara sejak keturunan dan tidak pernah menjadi warga negara lain karena kehendaknya sendiri,” pungkasnya. (POSKOTA)