Ngenes! PPnBM 0% Mobil Baru Diperpanjang Kala Sembako Mau Dipajaki

Eramuslim.com – Kebijakan diskon penjualan barang mewah (PPnBM) 100% alias PPnBM 0% untuk mobil baru diperpanjang.

Kebijakan ini keluar di tengah kondisi masyarakat mempertanyakan rencana pemungutan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk sembako hingga sekolah.

Coronavirus / Covid-19 Small Business Administration Paycheck Protection Program -  US small business administration response to the coronavirus pandemic a paycheck protection program application and tax documentation to help small businesses survive the pandemic and recession.

Menurut Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad, kebijakan tersebut akan menyakiti perasaan masyarakat. Apalagi, dia bilang, kebijakan ini tidak terbukti efektif mengerek penjualan mobil.

“Menurut saya, menyakiti perasaan masyarakat. Karena di tengah situasi begini bukannya sama-sama prihatin, sama-sama masyarakat lagi kurang, ternyata diperpanjang. Toh kebijakannya juga tidak terlalu efektif,” katanya kepada detikcom, Minggu (13/6/2021).

Tauhid mengutip data CEIC yang diambil dari Gaikindo, mengatakan, setelah kebijakan tersebut penjualan mobil naik menjadi 84.915 pada bulan Maret. Namun, kemudian turun menjadi 78.908 di di April dan 54.815 di Mei.

“Artinya apa, ya kebijakan pemerintah hanya bisa di bulan Maret aja naiknya setelah itu kembali. Naiknya naik sedikit, tidak terlalu mendorong,” ujarnya.