Nicho Silalahi ke Jokowi: Yang Saya Lihat Justru Luhut Terkesan Memiliki Hak Prerogatif Melampaui Bapak

luhut binsar pandjaitan

eramuslim.com – Aktivis, Nicho Silalahi memandang bahwa Menteri Kordinatoor Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan terkesan memiliki hak prerogatif melampaui Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Ia mengatakan hal ini saat menanggapi pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut akan menghentikan ekspor bahan mentah satu per satu.

“Nanti prank doank seperti tutup ekspor Batubara, udah permisi dengan Luhut ga pak Jokowi?” kata Nicho Silalahi melalui akun Twitter pribadinya pada Selasa, 25 Januari 2022.

“Yang saya lihat justru Luhut terkesan memiliki hak prerogatif melampaui bapak sih,” sambungnya.

Dilansir dari Oke Zone, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemerintah akan menghentikan ekspor bahan mentah satu per satu dengan risiko apapun.

Hal tersebut ia katakan dalam sambutannya pada acara pelepasan ekspor perdana 2022 smelter grade alumina produksi PT Bintan Alumina Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

“Dengan risiko apapun, satu per satu (ekspor bahan mentah) akan saya stop,” kata Presiden Jokowi pada Selasa, 25 Januari 2022.

“(Ekspor) bijih nikel stop, kita digugat WTO, silakan gugat. Nanti stop ekspor bauksit, stop, mesti ada gugatan, silakan gugat. Enggak apa-apa, kita hadapi,” sambungnya.