NU Garis Lurus Deklarasi Dukung Prabowo-Sandi

Eramuslim – Dukungan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Jawa Timur bertambah. Kali ini, sejumlah ulama dan kiai yang menamai dirinya NU Garis Lurus (NUGL) mendeklarasikan dukungan terhadap paslon yang diusung oleh koalisi lima partai ini.

Berlangsung di Surabaya, Minggu 10 Februari 2019, deklarasi pemenangan ini pun dilakukan dengan menghadirkan sejumlah ulama di Jawa Timur.

Dilansir Surya.co.id, hadir pada kesempatan itu KH. Lutfhi Bashori selaku Imam Besar NUGL, KH. Idrus Ramli (Ketua Umum NUGL), Ust Abbas Duta Luar Negeri NUGL dan beberapa aktivis Pengurus NUGL dari beberapa daerah seperti Pasuruan, Malang, jember dan Madura.

Acara ini berawal dari penyambutan terhadap kedatangan Ustadz Abbas R Mawardi Duta Besar Luar Negeri NUGL yang menetap di Brunei Darussalam. Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh para aktivis NUGL untuk bertemu dan mendeklarasikan pemenangan Prabowo-Sandi sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019.

“NU Garis Lurus sudah ada dan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga, deklarasi ini sebagai bentuk peneguhan hati kami untuk bisa memenangkan Prabowo-Sandi di pilpres,” tegas KH Luthfi Bashori, Imam Besar NUGL ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (10/2).

Pengasuh Pesantren Ribath Almurtadla Singosari ini menjelaskan bahwa NUGL merupakan organisasi yang didirikan dengan basis nahdliyin kultural. Menurutnya, jumlahnya jauh lebih banyak dibanding NU di struktur PBNU (NU Struktural).

Berbeda dengan pihaknya, NU Struktural ia sebut mendukung Kiai Ma’ruf Amin, mantan Rais Aam PBNU yang kini menjadi Cawapres dari Joko Widodo.