“Orang NU yang Ikut dan Bela Syiah, Khianati Ajaran KH. Hasyim Asyari”

Munculnya beberapa tokoh NU yang membela kesesatan Syiah seperti ketua umum NU, Said Agil Sirodj, dinilai oleh Habib Zein Al-Kaff sebagai orang yang berkhianat terhadap ajaran hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari pendiri NU.

Ketua NU sendiri, Said Agil Sirodj secara tegas menolak bahwa Syiah adalah aliran sesat. “Tidak sesat, hanya berbeda dengan kita,” kata Ketua Umum PBNU, Said Aqil Sirad beberapa waktu lalu.

“Jika ada kyai atau ulama NU yang ikut syiah atau membela syiah berarti mereka telah mengkhianati ajaran KH Hasyim Asy’ari,” tegas pimpinan Yayasan Al-Bayyinat Jawa Timur yang juga pengurus Nahdlatul Ulama Jawa Timur tersebut dalam acara Tabligh Akbar “Mengokohkan Ahlussunnah Wal Jamaah di Indonesia”, di Masjid Al Furqon Dewan Dakwah Jakarta, Ahad kemarin (16/9).

Namun menurutnya fenomena tokoh-tokoh NU yang ikut Syiah ataupun membela Syiah itu hanya sedikit dibanding mayoritas ulama NU yang menolak Syiah.

Dalam kitab Qonun Asasi li Jam’iyyati Nadlah al-Ulama’, KH. Hasyim Asy’ari menilai fenomena Syiah merupakan fitnah agama yang tidak saja patut diwaspadai, tapi harus diluruskan. Dalam kitab itu Kiai Hasyim mengecam golongan Syi’ah karena mencaci bahkan mengkafirkan sahabat Nabi SAW. Oleh sebab itu, beliau menghimbau agar para ulama’ yang memiliki ilmu untuk meluruskan penyimpangan golongan yang mencaci sahabat tersebut.(fq)